Berita

TINGKATKAN PELAYANAN, DISDUKCAPIL BUAT INOVASI PELAYANAN

31 May 2017, Post By : veny

Sebagai upaya meningkatkan efektiftas dan efisiensi layanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mulai awal tahun 2017 telah menerapkan inovasi pelayanan publik One Day Service. Pelayanan One Day Service merupakan layanan satu hari selesai untuk pelayanan adminsitrasi kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk dan dokumen kependudukan lainnya sehingga masyarakat yang bisa memperoleh dokumen kependudukan saat itu juga tanpa harus menunggu lama hingga berhari-hari.  

Inovasi pelayanan One Day Service baru dilaksanakan di kantor Disdukcapil dan efektif diberlakukan per tanggal 4 Januari 2017 lalu.  Selain dilaksanakan di kantor Disdukcapil, One Day Service pun mulai diterapkan dalam kegiatan pelayanan Disdukcapil lainnya. Disamping itu, sebagai suatu bentuk upaya peningkatan pelayanan administrasi kependudukan, Disdukcapil juga membuat serangkaian inovasi pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu penunjangnya, diantaranya :

  1. Jemput Bola dengan Mobil Layanan Keliling

Kabupaten Bandung yang memiliki topografis wilayah dataran tinggi dengan luas wilayah mencapai 1.762,39 km2   menjadikan Kabupaten Bandung terbagi menjadi 31 kecamatan yang salah satu kecamatan diantaranya memiliki jarak tempuh yang cukup jauh dari pusat Pemerintahan Kabupaten Bandung, seperti jarak tempuh ke kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung yang berjarak ± 51 KM yang bisa menghabiskan waktu tempuh 2 Jam perjalanan. Hal tersebut menjadi sebuah tuntutan bagi Disdukcapil untuk melaksanakan pelayanan dalam bentuk jemput bola agar membantu memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan. Adapun Pelayanan jemput bola yang dilaksanakan diantaranya pelayanan jemput bola keliling ke beberapa desa serta Pelayanan Terpadu Sabilulungan (Yandu) yang rutin dilaksanakan pada hari Rabu setiap minggunya. Adapun pelayanan yang dilaksanakan yakni pelayanan pembuatan akta kelahiran, perekaman data KTP elektronik dan pembuatan Kartu Keluarga dengan penerapan sistem pelayanan One Day Service.

          2. Pelayanan One Day Service

Disdukcapil Kabupaten Bandung mulai menerapkan inovasi pelayanan publik “one day service” yaitu layanan satu hari selesai untuk penyelesaian dokumen kependudukan seperti kepengurusan akta kelahiran, akta kematian, akta nikah, kartu keluarga, KTP elektronik (KTP-el), surat pindah datang dan keluar serta dokumen kependudukan lainnya di kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung. Untuk pelayanan one day service, masyarakat diwajibkan untuk mengurus dokumen kependudukannya langsung ke Disdukcapil Kabupaten Bandung sebelum pukul 14.00 WIB dengan membawa persyaratan lengkap.

          3. Pelayanan Informasi dan Pengaduan Melalui Website Disdukcapil

Informasi berupa pengumuman pelayanan, data kependudukan, berita seputar kegiatan Disdukcapil Kabupaten Bandung atau bahkan pertanyaan, saran, masukan dan pengaduan bisa diakses melalui website resmi Disdukcapil Kabupaten Bandung yang beralamatkan di www.casip.bandungkab.go.id atau bisa menghubungi alamat email Disdukcapil yaitu disdukcapil@bandungkab.go.id.

          4. Pemanfaatan Media Sosial

Dengan memanfaatkan media sosial atau jejaring sosial, masyarakat Kabupaten Bandung kini bisa melakukan komunikasi secara online dengan Disdukcapil Kabupaten Bandung. Media sosial yang digunakan Disdukcapil Kabupaten Bandung adalah Facebook dengan nama pengguna Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Kabupaten Bandung) dan Twitter dengan nama pengguna @disdukcapilkab. Media sosial tersebut berisi segudang informasi, berita, kabar dan informasi-informasi terkini seputar kegiatan Disdukcapil Kabupaten Bandung.

          5. Layanan Informasi Cerdas Menggunakan SMS Gateway

Guna mempermudah pelayanan, Disdukcapil Kabupaten Bandung meluncurkan program SMS Gateway. Layanan SMS Gateway adalah inovasi layanan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. SMS Gateway, merupakan program untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, terutama untuk mendapatkan informasi tentang persyaratan pembuatan dokumen kependudukan. Dengan layanan ini masyarakat cukup mengirim SMS ke nomor 08156006060 dengan format/ kata kunci sesuai kategori yang dituju. Dengan adanya SMS Gateway sebagai layanan informasi cerdas, masyarakat saat ini dapat mengetahui berbagai informasi dan persyaratan tentang pembuatan dokumen kependudukan yang diperlukan.

          6. Penggunaan Sistem Pendaftaran Antrian Secara Elektronik

Sistem pendaftaran dan antrian dokumen kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Bandung, kini diperbaharui dengan penggunaan nomor antrian secara elektronik yang disesuaikan dengan tujuan pembuatan dokumen kependudukan. Sistem ini dibuat untuk menertibkan masyarakat yang akan membuat dokumen kependudukan, sehingga meminimalisir terjadinya penumpukan masyarakat yang tidak terarah di ruang pelayanan.

          7. Kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan

Sebagai upaya meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung. Kerjasama yang dilakukan dengan Dinas Kesehatan yakni pembuatan Akta Kelahiran yang saat ini bisa dikoordinir oleh bidan di Kabupaten Bandung, sehingga Ibu yang baru saja melahirkan putra/i-nya bisa langsung mengajukan pembuatan akta kelahiran ke bidan setempat. Untuk kerjasama yang dilakukan dengan Dinas Pendidikan, orangtua saat ini dalam membuat akta kelahiran bisa mendaftarkan putra/i-nya melalui UPTD Disdik, baik UPTD PAUD, TK, SD dan SMP disetiap kecamatan.

Upaya penataan yang terlihat berkembang di Disdukcapil Kabupaten Bandung diantaranya adalah penataan fasilitas dan penataan prosedur pelayanan. Penataan fasilitas salah satu contohnya seperti penggunaan nomor antrian yang dahulu menggunakan sistem manual, saat ini telah diubah menjadi sistem elektronik dan menggunakan mesin nomor antri elektronik. Penataan pemanggilan nomor antrian, diatur sedemikian rupa yang menghubungkan antrian pelayanan dengan operator pelayanan pada 8 (delapan) loket pelayanan.

Sedangkan untuk penataan prosedur pelayanan yang dilakukan proses pelayanan mulai diterapkan dengan berbasis one day service yaitu pelayanan yang hanya memerlukan waktu satu hari saja. Adapun pelayanan yang dilaksanakan di kantor Disdukcapil diantaranya pembuatan Surat Keterangan Pengganti KTP-el, Surat Pindah Datang dan Keluar, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Nikah Non Muslim, Kartu Keluarga, perekaman KTP-el, perubahan elemen data bahkan perbaikan akta kelahiran.

Dengan adanya inovasi-inovasi layanan yang terus dikembangkan oleh Disdukcapil Kabupaten Bandung sebagai cara untuk memberikan kepuasan pelayanan  kepada masyarakat, untuk itu Disdukcapil Kabupaten Bandung berkomitmen terus membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan motto Disdukcapil (TERTIB) yaitu Tepat Sasaran, Ramah dalam Pelayanan, Terjamin Kepastian Hukum dan Berkas lengkap dan Proses Tepat, sehingga proses administrasi kependudukan di Kabupaten Bandung dapat terwujud dengan baik.


0 Response Untuk Berita Ini


LEAVE COMMENT

Link Goverment

Link Tender