DUKUNGAN DISDUKCAPIL DALAM KEGIATAN KESATUAN GERAK PKK BANGGA KENCANA KESEHATAN DI DESA SUKARESMI

Sebagai bentuk dukungan dalam Kegiatan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rancabali, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, menyelenggarakan pelayanan pembuatan dokumen kependudukan berupa pelayanan penerbitan Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan Perekaman KTP-el pada Selasa (12/10/21) kemarin.

Saat meninjau langsung ke lokasi, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin, M.Si mengungkapkan bahwa “Kami datang ke Desa Sukaresmi ini untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan sebagai bentuk dukungan Disdukcapil dalam program Kesatuan Gerak PKK. Kami sadar betul, masih terdapat desa-desa yang jangkaunnya jauh dari kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung, contohnya Desa Sukaresmi ini, yang mana warganya masih belum memiliki dokumen kependudukan. Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya pelayanan dari Disdukcapil ini, kami dapat memberikan pelayanan terbaik sehingga kepemilikan dokumen kependudukan bagi warga di Desa Sukaresmi ini dapat terpenuhi”, tuturnya.

Disamping itu, Kepala Desa Sukaresmi, Asep Sutisna, mengucapkan “Banyak terima kasih kepada Disdukcapil yang telah memberikan pelayanan secara maksimal di Desa Sukaresmi. Mudah-mudahan kedepan Disdukcapil dapat memberikan pelayanan kembali dalam pembuatan dokumen kependudukan ke wilayah lainnya yang berada di Desa Sukaresmi”.

Lilis (45) yang bertempat tinggal di Kp. Rancamulya, Desa Sukaresmi, menuturkan kemudahannya dalam membuat Akta Kelahiran anaknya yang berusia 4 tahun, “Alhamdulillah saya terbantu dengan pelayanan dari Disdukcapil ini, selain dekat juga mudah dan cepat”, jelasnya.

Hal yang sama juga dituturkan oleh Salsabila (17) yang bertempat tinggal di Kp. Sukamandi, Desa Sukaresmi, dirinya mengaku mengetahui adanya perekaman KTP-el dari aparat RW. “Pelayanan dari Disdukcapil ini sangat memuaskan karena saya sangat terbantu dengan adanya perekaman KTP-el di kantor Desa Sukaresmi ini, saya tidak perlu pergi jauh ke kantor kecamatan/ Disdukcapil”, ungkapnya.  

Menurut Kepala Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Bandung, Wawan Saepudin, S.Ip, beliau menjelaskan bahwa “jumlah pemohon yang membuat Akta Kelahiran ialah sebanyak 103 pemohon, sedangkan untuk Kartu Identitas Anak (KIA) berjumlah 320 orang dan untuk perekaman KTP-el mencapai 22 pemohon. Selain itu, Disdukcapil juga memberikan dukungan berupa Pemberian Leaflet, Brosur dan Booklet Tentang Layanan Informasi Kependudukan Tahun Anggaran 2021”, jelasnya.