EVALUASI KINERJA DAN PENINGKATAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) DI LINGKUNGAN DISDUKCAPIL KAB. BANDUNG

Sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung menyelenggarakan Evaluasi Kinerja Dan Peningkatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Disdukcapil Kabupaten Bandung Tahun Anggaran 2021 pada Selasa (14/09/21) di Grand Sunshine Resort & Convention, Soreang, Kabupaten Bandung.


Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari ASN dan beberapa Non ASN dilingkungan Disdukcapil Kabupaten Bandung serta narasumber yang berasal dari Inspektorat Kabupaten Bandung dan Universitas Garut. Maksud dan tujuan Kegiatan Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah meningkatkan akuntabilitas kinerja dan peningkatan sistem pengendalian intern, mengevaluasi hasil pelaksaaan program kegiatan dinas, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman SPIP serta strategi pencapaian sasaran dinas, meningkatkan integritas Aparatur Sipil Negara dan meningkatkan pengendalian internal di lingkungan Disdukcapil Kabupaten Bandung.


Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin, M.Si mengatakan dalam sambutannya, bahwa dalam mewujudkan aparat/Sumber Daya Manusia yang berkompeten diperlukan pembinaan dan bimbingan pengembangan pengetahuan dan penerapan peningkatan kinerja yang selaras dengan kebutuhan pembangunan. Oleh karena itu, evaluasi kinerja dan peningkatan sistem pengendalian intern pemerintah dengan harapan dapat meningkatkan pencapaian kinerja program kegiatan serta pencapaian sasaran dengan penggunaan anggaran secara efektif dan efisien.


“Diselenggarakanya evaluasi kinerja dan peningkatan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP ) dalam kegiatan ini diharapkan untuk mengukur pencapaian suatu tujuan sejauh mana kinerja dinas yang telah dilaksanakan sebagai alat untuk memperbaiki perencanaan program kegiatan yang akan datang, memperbaiki pelaksanaannya dan faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya tujuan program kegiatan dinas. Melalui evaluasi kinerja dan peningkatan sistem pengendalian intern pemerintah diharapkan dapat mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi dalam meningkatkan kinerja dinas”, jelasnya.


Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sebagai pengawasan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai diselenggararakan secara menyeluruh untuk tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien,  keadilan pelaporan keuangan, pengawasan aset negara, ketaatan terhadap peraturan  dan Undang – Undang. Dengan hal tersebut, beliau berharap kegiatan evaluasi kinerja dan peningkatan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) ini dapat di ikuti dengan baik  dan berlangsung dengan aman, lancar dan tertib serta dapat memberikan manfaat.