PELAYANAN MOBILE DISDUKCAPIL KABUPATEN BANDUNG

Kamis (7/10/21) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, menyelenggarakan pelayanan mobile ke desa-desa dalam rangka pelayanan admindukcapil, salah satunya ke Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Pelayanan tersebut dilaksanakan langsung di kantor Desa Rancamanyar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Adapun pelayanan yang diberikan diantaranya pelayanan penerbitan Akta Kelahiran, KIA dan perekaman KTP-el. Menurut Dadang, selaku Kasi Pemerintahan Desa, mengatakan pelayanan yang diselenggarakan di Desa Rancamanyar ini merupakan pelayanan yang sudah dikoordinir oleh pihak Pemerintah Kecamatan Baleendah ke beberapa desa yang ada di wilayah Kecamatan Baleendah, salah satunya Desa Rancamanyar.

Pada pelaksanaannya, "jumlah pemohon yang datang dibatasi yakni hanya 200 orang pemohon, melihat kondisi pandemi saat ini kita harus tetap mengikuti protokol kesehatan yaitu mencegah adanya kerumunan. Meskipun kuota dibatasi, kita sangat berterima kasih dan bersyukur kepada Disdukcapil Kabupaten Bandung yang sudah memberikan pelayanan langsung ke kantor Desa Rancamanyar, sehingga banyak warga yang terbantu dengan pelayanan ini, "pungkasnya.

Hal tersebut, senada dengan Yayah, warga kampung Cilebak, Rt 02 Rw 02, Desa Rancamanyar yang sedang membuat KIA untuk anaknya. Dia mengapresiasi dengan adanya pelayanan ini "In syaa allah, pelayanan ini bermanfaat dan membantu saya dalam pembuatan KIA untuk ketiga anak saya" jelasnya. Sama halnya dengan Ida, warga kampung Bojongkoneng, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah.  "Alhamdulillah pelayanan ini membantu sekali karena prosesnya cepat dan gratis. Terima kasih Disdukcapil"tuturnya.  

Dadang berharap kepemilikan dokumen kependudukan di Desa Rancamanyar ini dapat terpenuhi baik dalam kepemilikan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya. Selain itu, berkenaan dengan aplikasi SAKEDAP yaitu Sistem Aplikasi Kependudukan Terpadu, Dadang menambahkan bahwa beberapa warga diantaranya sudah dapat menggunakan dan mengakses aplikasi pelayanan berbasis online yang dimiliki Disdukcapil Kabupaten Bandung tersebut dengan mudah, meskipun masih terdapat warga yang kesulitan mengakses aplikasi SAKEDAP karena keterbatasan kemampuan beberapa warga dalam menggunakan gadget.

"Tak hilang cara dengan keterbatasan warga yang belum memahami aplikasi SAKEDAP tersebut, kami sebagai Pemerintah Desa Rancamanyar selalu siap membantu warga dalam mengakses aplikasi tersebut melalui pemberian pemahaman penggunaan dan pengoperasiannya guna membuat dokumen kependudukan secara mudah dan cepat" ucapnya. Dengan dilaksanakannnya pelayanan mobile adminduk dari Disdukcapil ke beberapa desa-desa di wilayah Kabupaten Bandung ini, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan tersebut sebaikmungkin dengan membawa persyaratan lengkap dan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.  

          Adapun jadwal pelayanan mobile Administrasi Kependudukan berdasarkan surat yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Nomor : 800/ 2378/ Disdukcapil tanggal 28 September 2021 adalah sebagai berikut :

NO

HARI

TANGGAL

LOKASI

KECAMATAN

DESA/ KELURAHAN

1.

Senin

11  Oktober 2021

Baleendah

Bojongmalaka

Baleendah

Wargamekar

2.

Selasa

12  Oktober 2021

Bojongsoang

Jelekong

Bojongsoang

Andir

3.

Kamis

14  Oktober 2021

Bojongsoang

Cipagalo

Bojongsoang

Bojongsari

4.

Jum’at

15  Oktober 2021

Bojongsoang

Buahbatu

Bojongsoang

Tegalluar

5.

Senin

18  Oktober 2021

Pameungpeuk

Bojongkunci

Pameungpeuk

Bojongmanggu

6.

Selasa

19  Oktober 2021

Pameungpeuk

Langonsari

Pameungpeuk

Rancamulya

7.

Kamis

21  Oktober 2021

Pameungpeuk

Rancatungku

Pameungpeuk

Sukasari

8.

Jum’at

22  Oktober 2021

Banjaran

Banjaran Kulon

Banjaran

Banjaran Wetan

9.

Senin

25  Oktober 2021

Banjaran

Ciapus

Banjaran

Kamasan

10.

Selasa

26  Oktober 2021

Banjaran

Kiangroke

Banjaran

Margahurip

11.

Rabu

27  Oktober 2021

Banjaran

Mekarjaya

Banjaran

Neglasari

12.

Kamis

28  Oktober 2021

Banjaran

Sindangpanon

Banjaran

Pasirmulya

13.

Jum’at

29  Oktober 2021

Banjaran

Tarajusari

Cimaung

Campakamulya