Pencetakan Dokumen Kependudukan Menggunakan Kertas Hvs A4 80 Gram

  • Jumat, 03 Juli 2020 budhiartisevhiane

    Terhitung mulai Senin (1/7/20) kemarin, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung memberlakukan pencetakan beberapa dokumen kependudukan menggunakan kertas HVS A4 80 gram. Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Bandung Nomor : 470/1466B/Disdukcapil Tanggal 30 Juni 2020 Tentang Pemberlakuan Pencetakan Dokumen Kependudukan dengan Menggunakan Ke rtas HVS (Ukuran A4 80 gram) yang dilengkapi dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

    Untuk pelayanan pencetakan KTP-El dan Kartu Identitas Anak (KIA) tetap menggunakan blanko security printing yang pembuatannya dapat diajukan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung. Adapun dokumen Administrasi Kependudukan terbitan sebelumnya yang menggunakan blanko security printing masih tetap berlaku dan tidak perlu diganti kecuali ada perubahan elemen data, hilang atau rusak pada dokumen tersebut.

    Informasi pemberlakuan tersebut disampaikan secara langsung kepada masyarakat oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin, M.Si di halaman depan kantor Disdukcapil yang didampingi oleh Sekretaris Disdukcapil, para kepala bidang dan beberapa pejabat struktural lainnya.        

    “Kami telah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan dokumen kependudukan dengan mudah untuk itu kami berharap masyarakat bisa menerima dengan baik  kebijakan dari pemerintah sesuai Permendagari Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku yang Digunakan dalam Administrasi Kependudukan” ungkapnya.

    Meski demikian, langkah ini tampaknya memerlukan waktu untuk bisa diterapkan di masyarakat, namun dengan kegitan launching tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan dokumen pendudukan dan langkah tersebut dapat mengiring masyarakat Kabupaten Bandung menjadi lebih cerdas dalam mengakses dokumen kependudukan menuju era digitalisasi.

  • 07 Aug