Pelayanan Sabtu Minggu Mantap Disdukcapil

  • Senin, 15 Oktober 2018 budhiartisevhiane

    Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terkait pelayanan dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung membuka pelayanan Sabtu Minggu Mantap di area Mall tepatnya di Miko Mall Kopo Bandung pada 13-14 Oktober 2018 kemarin. Pelayanan tersebut dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Adapun pelayanan yang diberikan oleh Disdukcapil diantaranya perekaman KTP-el, pembuatan Surat Keterangan Pengganti KTP-el, pembuatan Akta Kelahiran dan Pengecekan NIK.

    Menurut Drs. H. Salimin, M.Si, Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, “pelayanan tetap dibuka pada hari Sabtu dan Minggu tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang tidak sempat datang di hari lain yang kebanyakan terbentur karena alasan pekerjaan. Jadi memang kita berikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan dan kita pilih Miko Mall sebagai area tempat pelayanan karena tempatnya yang strategis yaitu berada di wilayah perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, maka tidak sedikit masyarakat Kabupaten Bandung yang berkunjung ke Miko Mall di akhir pekan”, ungkapnya. 

    Elis, 46 tahun dari Kecamatan Katapang menuturkan jika dirinya sangat terbantu dengan adanya pelayanan Sabtu Minggu Mantap dari Disdukcapil. “Saya sengaja datang kesini untuk membuat akta kelahiran anak saya yang keempat yaitu Muhamad Luthfi Hakim yang berumur 5 tahun. Alhamdulillah adanya pelayanan di hari Sabtu Minggu dari Disdukcapil ini sangat membantu sekali karena selain hari Sabtu Minggu saya harus bekerja, selain itu pelayanannya pun sangat baik dan petugasnya begitu ramah”,tuturnya.

    Hal yang sama pun diungkapkan Erdi, 37 tahun dari Kecamatan Soreang, “Pelayanan dari Disdukcapil ini benar-benar membantu saya dalam membuat Surat Keterangan Pengganti KTP-el karena kebetulan KTP-el saya sudah usang sehingga tulisan yang tertera di KTP-el nyaris tidak terbaca lagi. Biayanya gratis dan pelayanan pun cepat, beberapa menit saya langsung bisa memperoleh Surat Keterangan Pengganti KTP-el. Terima Kasih Disdukcapil”, ungkapnya.

    Dengan adanya pelayanan dari Disdukcapil baik dalam kegiatan Sabtu Minggu Mantap, Pelayanan Terpadu Sabilulungan maupun jemput bola ke desa-desa, “bisa dimanfaatkan baik oleh masyarakat Kabupaten Bandung, sehingga masyarakat bisa lebih mudah membuat dan memperoleh dokumen kependudukan terutama jelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif pada tanggal 17 April 2019 mendatang”, imbuhnya.  

    Beliau juga menegaskan “bilamana  warga yang sudah wajib KTP-el belum merekamkan diri untuk biodata KTP-el sampai bulan Desember 2018 ini, maka yang bersangkutan akan dicabut dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan tidak dapat mengikuti Pemilihan Umum dan hak-hak sipil lainnya, hal tersebut sesuai intruksi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kemendagri Jakarta. Maka segera urus dokumen kependudukan Anda dan manfaatkan pelayanan dari Disdukcapil dengan sebaikmungkin!”, tegasnya.

  • 11 Dec