Di Rtc, Disdukcapil Buka Gerai Pelayanan

  • Selasa, 12 Februari 2019 budhiartisevhiane

    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung bekerja sama dengan manajemen Mal Rancaekek Trade Center (RTC), membuka gerai/ kios pelayanan administrasi kependudukan yang bertempat di lantai 2 (dua) Mal RTC, Jl. Raya Majalaya-Rancaekek Jawa Barat.

          Pembukaan pelayanan mal di RTC ini merupakan pembukaan pelayanan mal kedua setelah sebelumnya pelayanan telah dibuka di Mal Transmart Soreang bulan Januari lalu. “Tujuan dibukanya gerai/ kios pelayanan di mal RTC ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang berada di 4 (empat)kecamatan yang berada di wilayah timur Kabupaten Bandung yakni kecamatan Rancaekek, Cikancung, Cicalengka dan Nagreg yang jaraknya cukup jauh bila harus menempuh pelayanan ke Disdukcapil di Soreang”, ungkap Kepala Disdukcapil saat membuka secara resmi gerai/ kios di mal RTC, Selasa (12/2/2019).

          Hadir dalam peresmian tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bandung, Cecep Suhendar yang menyambut baik dengan adanya pelayanan dari Disdukcapil yang membuka pelayanan di Mal RTC ini, menurutnya “pelayanan ini dirasa mampu mengefektifkan waktu, jarak dan biaya masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan. Diharapkan pelayanan ini bisa berjalan seterusnya dan dimanfaatkan baik oleh masyarakat Kabupaten Bandung khusunya di wilayah timur Kabupaten Bandung”, ungkapnya.

             Salah satu warga yang datang untuk mengurus KTP-elnya yang hilang, Taufik Kamil (39) warga Jelegong, Rancaekek, Kabupaten Bandung mengatakan “Alhamdulillah, saya terbantu dengan adanya pelayanan di RTC mal ini karena saya tidak perlu jauh- jauh pergi ke Soreang atau mengantri lama di kecamatan karena sudah ada pelayanan disini dan pelayanannya pun tidak dipungut biaya (gratis)”, ungkapnya.

          Sama halnya dengan Sinta (37) warga Rancaekek, Kabupaten Bandung yang mengapresiasi adanya pelayanan di Mal RTC, “Putri saya sudah berusia 5 (lima) tahun dan saya baru sempat membuat akta kelahiran hari ini karena saya tidak punya banyak waktu membuat akta kelahiran ke Disdukcapil karena jauh, namun dengan adanya pelayanan  Disdukcapil di RTC ini saya merasa sangat terbantu”, tuturnya.

                    Kepala Disdukcapil pun berharap dengan dibukanya pelayanan mal di RTC Rancaekek ini dapat dimanfaatkan baik oleh masyarakat yang berdomisili di wilayah timur Kabupaten Bandung, sehingga jarak dan waktu menjadi lebih efektif. Agar pelayanan cepat dan efektif masyarakat pun harus memenuhi persyaratan dengan lengkap. Selain itu, perlu ditegaskan kembali bahwa pelayanan dokumen kependudukan itu tidak dipungut biaya apapun (gratis) asalkan kepengurusannya harus dilakukan oleh yang bersangkutan.