Disdukcapil Turut Serta Melakukan Sosialisasi Gerakan Pengurangan Pengunaan Sampah Plastik

  • Kamis, 21 Februari 2019 budhiartisevhiane

    Berdasarkan Intruksi Bupati Bandung Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Gerakan Sabilulungan Pengurangan Pengunaan Plastik Di Kabupaten Bandung, dengan hal tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung turut serta melakukan Gerakan Sosialisasi Pengurangan Pengunaan Plastik Di Borma Majalaya Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Rabu ( 20/02/2019 ) kemarin.

         Pada hari yang sama, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, secara resmi meluncurkan gerakan sosialisasi tersebut di titik ritel utama Borma Rencong Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Gerakan ini ditujukan sebagai bentuk dukungan terhadap Program Citarum Harum serta dalam rangka mewujudkan Program Kabupaten Bandung Bersih Sampah 2020.

         Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin., M.Si mengatakan bahwa “Pemerintah Kabupaten Bandung meluncurkan Gerakan Sabilulungan Pengurangan Kantong Plastik serentak di 400 ritel (pasar modern) di seluruh wilayah Kabupaten Bandung dengan memberikan edukasi kepada para pengunjung minimarket yang ada di Kabupaten Bandung termasuk kami dari Disdukcapil memberikan sosialisasi dan edukasi di Borma Majalaya ini”, Ungkapnya.

         “Dengan adanya aturan ini, masyarakat wajib mengurangi dan menangani sampah rumah tangga diantaranya mengurangi sampah plastik saat berbelanja dengan mengantinya menggunakan tas yang dibawa sendiri. Hal tersebut merupakan dukungan atau bukti nyata dalam mengurangi sampah plastik di Kabupaten Bandung”, tuturnya.

                Kadisdukcapil pun berharap, kegiatan sosialisasi ini bisa diterapkan oleh semua kalangan masyarakat di Kabupaten Bandung dalam mengurangi sampah plastik, sehingga pelaksanaan yang dimulai dari pasar modern/ minimarket ini bisa dilaksanakan secara bertahap dengan terus memberikan informasi kepada warga yang berbelanja yang belum mengetahui penggunaan kantong plastik ini. Selain itu, pengurangan sampah plastik pun diharapkan bisa juga dilaksanakan di pasar tradisional nantinya secara berkelanjutan.

  • 16 Jul