Disdukcapil Turut Menerima Kedatangan Tim Verifikasi P2wkss Provinsi Jawa Barat

  • Selasa, 12 Maret 2019 budhiartisevhiane

       Selasa (12/3/19), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung turut menerima kedatangan Tim Verifikasi Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Provinsi Jawa Barat di Desa Malasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

    Kedatangan Tim Verifikasi P2WKSS yang diketuai oleh dr. Hj. Neni Alyani, SE, M.Pd disambut langsung oleh Asisten Pemerintahan, Drs. H. Rully Hadiana, S.Sos.,M.Si beserta perwakilan dari para Perangkat Daerah, Camat Cimaung, Kepala Desa Malasari, Tim Penggerak PKK Tingkat Kabupaten Bandung, kecamatan dan desa/ kelurahan se-Kabupaten Bandung serta tim posyandu setempat. 

    Asisten Pemerintahan, Drs. H. Rully Hadiana, S.Sos.,M.Si yang memberikan ucapan selamat datang kepada Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat seraya berharap kedatangan Tim dapat memberikan manfaat khususnya bagi peningkatan peran dan partisipasi wanita dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Bandung. “Mudah-mudahan kedatangan Tim dapat memberikan konstribusi yang positif untuk kinerja program P2WKSS di waktu yang akan datang dengan mendorong upaya-upaya pemberdayaan perempuan menuju terwujudnya keluarga yang berkualitas”, ungkapnya.

    Beliau mengatakan potensi perempuan merupakan aset yang besar yang harus terus dikembangkan untuk membangun daerah, sebaliknya jika penduduk perempuan tidak diberi ruang dan kesempatan yang cukup untuk mengembangkan potensinya maka perempuan dapat menjadi beban besar sehingga dapat mengurangi nilai dan hasil-hasil pembangunan yang akan dicapai. Untuk itu optimalisasi penduduk sebagai sumber daya perempuan pembangunan harus senatiasa diupayakan dan diberdayakan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan.

    Oleh karena itu, Program P2WKSS ini merupakan wujud upaya pemerintah dalam mengimplementasikan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarustamaan Gender di Kabupaten Bandung, dimana proses pelaksanaan dan prosesnya berbasir gender yang dimulai dari perencaanaan pelaksanaan evaluasi dan monitoring. P2WKSS juga merupakan salah satu program peningkatan peranan wanita dalam pembangunan yang berupaya untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) serta lingkungan dalam mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka membangun masyarakat desa yang mana kaum perempuan sebagai penggeraknya.

    Beliau juga menjelaskan bahwa Desa Malasari, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung terpilih menjadi lokasi binaan P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 karena desa yang memiliki luas wilayah sebesar 750,30 hektar dengan jumlah KK sebanyak 1.860 masih memiliki KK sejahtera diantaranya 1.170 KK sejahtera satu dan 690 KK sejahtera dua, namun Desa Malasari tidak memiliki keluarga pra sejahtera, hal ini menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kabupaten Bandung untuk menjadikan Desa Malasari sebagai desa binaan P2WKSS.

    Ketua Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat, dr. Hj. Neni Alyani, SE, M.Pd dalam sambutannya berharap bahwa pelaksanaan verifikasi yang akan dilaksanakan 6 (enam) bulan kedepan diharapkan dapat berdampak pada perubahan SDM dengan melaksanakan pembangunan SDM maupun sarana dan prasarana. Disamping itu, beliau juga menambahkan bahwa dalam program P2WKSS tahun 2019 ini, terdapat program baru yang diharapkan dapat mendukung pemberdayaan perempuan ke arah yang lebih baik. Program tambahan tersebut antara lain Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) yang merupakan upaya pemberdayaan perempuan untuk mewujudkan kesetaraan peran, akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat antara perempuan dan laki-laki di semua bidang. Kemudian program Program Ngabring Ka Sakola (Ngabaso) yang mana program ini mewajibkan orang tua untuk mengantar anaknya tidak boleh lagi langsung di pintu gerbang, sehingga membiasakan anak-anak berjalan kaki supaya lebih sehat dan bisa berinteraksi dengan teman-temannya, dan saling menjaga.

    Dengan adanya kegiatan P2WKSS ini, Disdukcapil sebagai salah satu Perangkat Daerah yang turut mendukung kegiatan tersebut akan memberikan bantuan berupa Penerbitan Administrasi Kependudukan, Akta Pencatatan Sipil, Pelayanan Akta Kelahiran, Pendaataan Kepemilikan Dokumen Kependudukan, Pemberian Leaflet, Booklet dan Buku Panduan Kader PKK khususnya bagi 100 KK binaan yang berada di kampung Babakan Kiaran, Dusun 4, RW.07 Desa Malasari, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Drs. H. Asep Hendia, M.MPd yang menghadiri kegiatan penerimaan Tim Verifikasi P2WKSS Provinsi Jawa Barat kemarin. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa “Disdukcapil pun akan melaksanakan gerakan inovasi yaitu Sabilulungan Tuntaskan Administrasi Kependudukan dalam Satu Hari (Satukan Hati) sehingga kepemilikan dokumen kependudukan bagi masyarakat Desa Malasari, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung dapat terwujud”, jelasnya.

  • 23 Apr