Bimbingan Teknis Pengelola Siak Bagi Operator Siak Se-kabupaten Bandung Menuju Disdukcapil Go Digital

  • Jumat, 17 Mei 2019 budhiartisevhiane

    Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 Tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring (online) dalam penerbitan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kutipan Akta Kelahiran maka dilakukan pengesahan tanda tangan elektronik berupa barcode yang telah disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

    Untuk mendukung program daring (online) tersebut, maka perlu dibangunnya aplikasi SIAK Versi 7.3, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung mengadakan Bimbingan Teknis Pengelola SIAK bagi 60 orang Operator SIAK Se-Kabupaten Bandung yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 17-18 Mei 2019, bertempat di Gedung Rapat Disdukcapil Kabupaten Bandung.

    Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Hj. Sri Darliati, S.Sos.,M.Si, tujuan dilaksanakannya program Bimtek tersebut ialah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Operator Pengelola SIAK dalam penggunaan aplikasi SIAK versi 7.3 sehingga dapat memberikan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dengan baik menuju Disdukcapil Go Digital.

    Dalam sambutannya, Kepala Disdukcapil, Drs. H. Salimin, M.Si menjelaskan bahwa dengan diberlakukannya tanda tangan elektronik, dipastikan proses pengurusan administrasi kependudukan dapat berjalan lebih cepat, mudah dan aman sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal. Selain itu, beliau pun berharap operator pengelola SIAK di Kabupaten Bandung dapat memahami pelaksanaan kegiatan bimtek tersebut dengan baik dan sunguh-sunguh sehingga memperoleh hasil dan manfaat yang maksimal juga.

  • 27 Jun