Bimtek Petugas Desa Kelurahan Se-kabupaten Bandung

  • Selasa, 09 Juli 2019 budhiartisevhiane

    Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Peningkatan Kualitas Layanan Adminsitrasi Kependudukan dan bahwa untuk pemenuhan kepemilikan dokumen kependudukan secara cepat, tepat dan mudah maka diperlukan peningkatan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat melalui petugas pelayanan yang menjadi ujung tombak dan garda terdepan yang langsung berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

    Maka berkaitan dengan hal tersebut, Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Petugas Registrasi Desa/ Kelurahan di Hotel Sahid Sunshine, pada Selasa (9/7/2019) dengan waktu kegiatan yang terbagi menjadi 7 (tujuh) angkatan, sehingga pelaksanaanya berakhir pada (13/7/2019) kemarin.  

    Kegiatan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Petugas Registrasi Desa/ Kelurahan dalam pelayanan Administrasi Kependudukan tersebut diikuti oleh 280 orang petugas. Narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya adalah Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Iwan Ridwan, SH.,M.Si dan Kepala Bidang PIAK, Hj. Sri Darliati, S.Sos.,M.Si.

    Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin, M.Si yang hadir dan membuka kegiatan secara resmi, menjelaskan bahwa seiring perkembangan zaman dan dalam memasuki era globalisasi, proses administrasi pun turut mengikuti perkembangan tersebut yang mana kepengerusan dokumen kependudukan saat ini perlahan menggunakan sistem secara elektronik, sehingga otomatis pelayanan adminduk dalam pembuatannya menggunakan sistem/ aplikasi secara daring atau penerbitan dokumen kependudukan menjadi berbasis elektronik.

    Dengan hal tersebut, Kepala Disdukcapil berharap kegiatan Bimtek Bagi Petugas Registrasi Desa/ Kelurahan dapat diikuti dengan baik, sehingga ilmu yang diperoleh nantinya dipastikan dapat diaplikasikan dalam proses kepengurusan administrasi kependudukan sehingga pelayanan kepada masyarakat pun akan dapat berjalan lebih cepat, mudah, aman dan lebih maksimal.

  • 16 Oct