Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Disdukcapil Jalin Kerjasama Dengan Rsud Cicalengka

  • Rabu, 28 Agustus 2019 budhiartisevhiane

    Tingkatkan kualitas pelayanan publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung kembali menjalin kerjasama dengan sektor pelayanan publik yakni dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka Kabupaten Bandung, Rabu (28/8/2019). Penandatanganan kerjasama tersebut, ditandatangani langsung oleh Kepala Disdukcapil, Drs. H. Salimin, M.Si dan Direktur RSUD Cicalengka, dr. H. Yani Sumpena Muchtar, SH.,MH.Kes.

    “Kerjasama pemanfaatan data kependudukan berupa NIK dan KTP-el oleh lembaga pengguna bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, merencanakan pembangunan, dan menegakkan hukum serta mencegah terjadinya kriminalitas,” tutur Kadisdukcapil disela acara penandatanganan.

    Menurutnya, kerjasama pemanfaatan data kependudukan oleh berbagai lembaga merupakan perwujudan dari penerapan sistem satu data kependudukan untuk semua keperluan yang menyangkut kepentingan publik yang mana telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

    Adapun mekanisme yang harus dilaksanakan oleh PD terkait pemanfaatan data kependudukan: Pertama, permintaan secara tertulis dari pimpinan PD yang ditujukan kepada Bupati; Kedua, Bupati memberikan izin kepada lembaga pengguna; Ketiga, dilakukannya penandatanganan kerjasama antara Kepala Disdukcapil dengan kepala lembaga atau pimpinan lembaga pengguna; Keempat, lembaga pengguna membentuk tim teknis dan selanjutnya Disdukcapil melakukan pengendalian dan pengawasan. 

    “Sebelumnya, Disdukcapil Kabupaten Bandung telah melaksanakan kerjasama dengan 6 Perangkat Daerah (PD) diantaranya DPMTSP, DPMD, Dispopar, Disnaker, DP2KBP3A dan Dinas Koperasi dan UKM dalam rangka pemanfaatan data kependudukan. Salah satu PD diantaranya yang datanya sudah terintegrasi yaitu DPMTSP sehingga sudah bisa mengakses data base kependudukan dari Kemendagri”, ungkapnya.

    “Oleh karena itu, Kadisdukcapil berharap institusi, lembaga pemerintah maupun swasta dan lembaga penyedia layanan publik lainnya untuk dapat melakukan PKS pemanfaatan data kependudukan dengan Disdukcapil sehingga dapat memberikan manfaat antara pengguna dalam mengakses elemen data kependudukan dan diharapkan juga dapat membantu mendorong meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat” tutupnya.