Disdukcapil Bersama Kecamatan Soreang Berikan Layanan Dokumen Kependudukan

  • Selasa, 03 September 2019 budhiartisevhiane

    Optimalisasi layanan administrasi kependudukan terus gencar dilakukan oleh Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan (Disdukcapil) Kabupaten Bandung. Kali ini, Disdukcapil bersama Kecamatan Soreang memberikan layanan dokumen kependudukan untuk warga yang berada di 10 (sepuluh) desa di Kecamatan Soreang, dalam rangka peningkatan pelayanan publik dibidang kependudukan.  

                  Menurut Kepala Seksi Identitas Penduduk, Drs. Asep M. Yusuf, “Kegiatan ini merupakan permohonan dari pihak Kecamatan Soreang agar Disdukcapil dapat memfasilitasi pelayanan dokumen kependudukan berupa pelayanan perekaman KTP-el, Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) dan pelayanan ini sudah mulai kita laksanakan sejak tanggal (27/8/2019) di Desa Sukajadi dan Sukanegara, Kecamatan Soreang lalu”, terangnya.   

                 Di waktu yang sama, Camat Soreang, Rusli Baijuri, AP yang hadir di saat pelayanan berlangsung memberikan sambutan dan mengapresiasi pelayanan dari Disdukcapil, “Alhamdulillah, Disdukcapil sudah mau memfasilitasi dengan memberikan pelayanan langsung ke desa-desa yang ada di Kecamatan Soreang, seperti pelayanan yang diselenggarakan saat ini di Desa Karamatmulya”, tuturnya.

                 Rusli pun menegaskan bahwa pembuatan dokumen kependudukan menjadi hal yang penting karena sudah menjadi kebutuhan utama, seperti membuat Akta Kelahiran bagi anak yang mana dokumen tersebut menjadi salah satu hak anak dalam memiliki identitas seperti memiliki nama, agar kelak diakui oleh negara. Oleh karena itu, dengan adanya pelayanan di tiap desa di Kecamatan Soreang ini diharapkan dapat dimanfaatkan baik oleh masyarakat seperti yang belum memiliki KTP-el. Perlu diketahui juga, bahwa dalam pembuatannya sama sekali tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS”,  tegasnya.

                 Terkait pelayanan Disdukcapil yang digelar di Desa Karamatmulya (3/9/2019), Rohaya (27) salah satu warga yang sedang membuat Akta Kelahiran mengungkapkan bahwa dirinya merasa terbantu dengan hadirnya Disdukcapil, “Adanya pelayanan dari Disdukcapil ini memudahkan saya dalam membuat Akta Kelahiran anak, meskipun rumah saya masih dekat dengan kantor Disdukcapil di Soreang, tetapi dengan adanya pelayanan langsung ke kantor Desa Karamatmulya, jarak tempuhnya semakin dekat dan efisien”, jelasnya.

    Sama halnya dengan Resi Febrianty (17) yang baru menginjak usia awal dalam membuat KTP-el mengatakan bahwa dirinya mengetahui adanya pelayanan Disdukcapil dari pihak RW dan dirinya mengaku sangat terbantu, “Kebetulan ada pengumuman dari RW bahwa ada pelayanan perekaman KTP-el dari Disdukcapil, saya segera mengajak Ibu untuk mengantar saya datang kesini, dan alhamdulillah proses pelayanan perekamannya cepat dan memang pelayanannnya tidak dipungut biaya apapun”, ungkapnya.

    Dengan adanya pelayanan Disdukcapil ke setiap desa yang ada di Kecamatan Soreang, Asep M Yusuf berharap “Masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan kami dengan sebaik-baiknya, karena dokumen kependudukan itu sangat penting untuk ke depannya seperti mengurus pendaftaran ke Rumah Sakit maupun ke kantor Imigrasi. Oleh sebab itu, ayo kepada masyarakat Kabupaten Bandung khususnya di wilayah Kecamatan Soreang manfaatkan sebaikmungkin jadwal pelayanan dari Disdukcapil”, terangnya. Adapun jadwal tersebut sebagai berikut :

    NO

    DESA

    HARI/ TANGGAL

    JAM

    TEMPAT

    KETERANGAN

    1.

    Karamatmulya

    Selasa/ 3-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

    -

    2.

    Sadu

    Kamis/ 5-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

    3.

    Parungserab

    Senin/ 9-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

    4.

    Pamekaran

    Selasa/ 10-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

    5.

    Cingcin

    Kamis/ 12-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

    6.

    Soreang

    Senin/ 16-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

    7.

    Sekarwangi

    Selasa/ 17-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

    8.

    Panyirapan

    Kamis/ 19-9-2019

    09.00 - selesai

    Kantor Desa

  • 19 Sep