Disdukcapil Turut Dukung Kegiatan Tmmd

  • Selasa, 10 September 2019 budhiartisevhiane

    Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung mendukung  kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan di Lapang Cikahuripan RW. 09, Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Selasa (10/09/2019) dan dihadiri langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin, M.Si.

                 Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tingkat Kabupaten Bandung tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Drs.H.Teddy Kusdiana, M.Si serta dihadiri juga oleh Dandim 0609, Letjol ARH Teguh Waluyo.S.Ip., Forkopinda Kabupaten Bandung, Perwakilan Danlanud Sulaeman, unsur TNI, Kepolisian, Satpol PP, para pelajar, dan Organisasi Kepemudaan dan Masyarakat.

    Sekda Kabupaten Bandung, Drs. H Teddy Kusdiana. M.Si menyampaikan, kemanunggalan TNI dengan masyarakat tidak dapat dipisahkan, dan hal tersebut diyakini merupakan potensi yang efektif untuk membangun masyarakat di daerah pedesaan. “Kearifan sosial dan budaya dalam aspek kemanunggalan ini juga dapat difungsikan dalam mengatasi masalah kemiskinan dan sosial di Kabupaten Bandung,” ungkapnya saat membuka kegiatan TMMD tingkat Kabupaten Bandung kemarin.

    Pada kesempatan yang sama, Dandim 0609, Letkol Arh. Teguh Waluyo, S.Ip, menjelasakan bahwa TMMD bertujuan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan fisik dan non fisik. Pembangunan fisik yang akan dilakukan pada TMMD tahun ini, terdiri atas pembangunan jalan beton menuju Kehati (Kawasan Konservasi Keanekaragaman Hayati) sepanjang 374 meter, jalan penghubung Desa Nagrog–Desa Babakan Peuteuy sepanjang 243 meter dan kirmir sepanjang 243 meter.

    “Selain pembangunan fisik, TMMD yang berlangsung mulai dari tanggal 10-23 September 2019 ini mengarah juga pada pembangunan non fisik, diantaranya pelayanan KB, pemberian bantuan bibit tanaman, ikan, bibit ternak domba, dan Disdukcapil sebagai salah satu Perangkat Daerah (PD) yang mendukung kegiatan ini pun memberikan dukungan berupa pelayanan dokumen kependudukan diantaranya pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK), pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak usia lebih dari 5 (lima) tahun dan pelayanan pembuatan akte kelahiran. Dengan adanya dukungan pelayanan dari Disdukcapil Kabupaten Bandung ini, saya berharap pelayanan ini dapat membantu memudahkan masyarakat dalam proses pembuatannya serta diharapkan juga dapat membantu meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Bandung khsusunya di Desa Nagrog, Cicalengka ini”, ungkap Kadisdukcapil.

  • 16 Oct