Desa Alamendah Memperoleh Layanan Dari Disdukcapil

  • Selasa, 21 Januari 2020 budhiartisevhiane

    Selasa (21/01/2020), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung bersama dengan Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung memberikan pelayanan jemput bola dokumen kependudukan  antara lain pelayanan penerbitan Akta Kelahiran, penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dan perekaman KTP elektronik (KTP-el).

                 “Pelayanan jemput bola tersebut merupakan salah satu inovasi pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terutama yang berada di wilayah yang jauh dari kantor Disdukcapil termasuk masyarakat yang berada di Desa Alamendah ini”, ungkap Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Imas Chitrawati, SE.,M.Si yang meninjau langsung kegiatan pelayanan tersebut.  

                 Hal yang sama juga diungkapkan, Sekretaris Desa Alamendah, Ijang Iwan, bahwasannya kegiatan ini merupakan upaya Desa Alamendah dalam meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan terutama Akta Kelahiran, KTP-el dan KIA. “Alhamdulillah, Disdukcapil memenuhi permintaan dari Desa Alamendah untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang sebagian besar diantaranya belum memiliki dokumen kependudukan, semoga dengan pelayanan jemput bola ini dapat memudahkan masyarakat dalam kepengurusannya”, jelasnya.  

                 Dari kegiatan pelayanan tersebut, menurut Ijang Iwan, diperoleh “jumlah penerbitan Akta Kelahiran yang mencapai 44 kutipan akta, perekaman KTP-el berjumlah 75 orang dan untuk penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) mencapai 215 keping. Alhamdulillah, semua dokumen kependudukan yang diterbitkan, bisa langsung diperoleh oleh masyarakat sehingga mereka tidak perlu menunggu lama untuk memperolehnya, jadi lebih mudah dan efisien. Hatur Nuhun Disdukcapil, semoga kedepan bisa memberikan pelayanan kembali dengan jumlah kuota yang lebih banyak lagi”, paparnya.

                 “Dengan pelayanan jemput bola yang diberikan Disdukcapil baik ke wilayah desa maupun kecamatan, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaikmungkin, sehingga dapat membantu dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan tersebut. Selain itu, diharapkan juga pihak kecamatan maupun desa di wilayah Kabupaten Bandung bisa membantu mendata dan mengkoordinir masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan, sehingga pihak kecamatan maupun desa bisa mengajukan permohonan pelayanan ke Disdukcapil Kabupaten Bandung”, tegas Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan.     

  • 29 Feb