Monev Disdukcapil Provinsi Jawa Barat Ke Disdukcapil Kabupaten Bandung

  • Rabu, 24 Juni 2020 budhiartisevhiane

    Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Dani Ramdan, M.T., berkesempatan mengunjungi kantor Disdukcapil Kabupaten Bandung pada Senin (22/06/20) kemarin. Kunjungan tersebut merupakan monitoring dan evaluasi Disdukcapil Provinsi terhadap 27 Disdukcapil Kabupaten/ Kota se-Jawa Barat, salah satunya Disdukcapil Kabupaten Bandung.

    Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan SETDA Kabupaten Bandung, Drs. H. Ruli Hadiana, S.Sos., M.I.Pol, yang didampingi langsung oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Drs. H. Salimin, M.Si, yang turut serta menyambut kedatangan Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat.

    Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah kepemilikan dokumen kependudukan terutama disituasi pandemi saat ini, yakni salah satu diantaranya mengenai percepatan kepemilikan KTP-el yang mana tidak diterbitkannya kembali Surat Keterangan Pengganti (SUKET) KTP-el dan upaya percepatan pencetakan KTP-el untuk status Print Ready Record (PRR) di Kabupaten Bandung.  

    “Sesuai instruksi Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Disdukcapil Kab/ Kota sudah tidak diperkenankan menerbitkan kembali SUKET Pengganti KTP-el dan diupayakan untuk segera mempercepat pencetakan KTP-el bagi warga yang berstatus Print Ready Record (PRR) sebagai upaya mempercepat kepemilikan KTP-el, terutama di kondisi pandemi saat ini masyarakat enggan untuk mengurus dokumen kependudukan. Hal tersebut mempengaruhi penurunan jumlah warga untuk melakukan perekaman KTP-el.”, ujar H. Dani Ramdan.

    Menanggapi hal tersebut, H. Salimin menjelaskan bahwa Disdukcapil Kabupaten Bandung terus berupaya memberikan pelayanan kepada warga dengan melakukan berbagai hal diantaranya dengan proses pencetakan KTP-el yang sudah mulai kembali disebar ke 31 kecamatan di Kabupaten Bandung. Selain itu, Disdukcapil berinovasi dengan meluncurkan program PANDAWA yaitu PendaftarAN Dokumen kependudukAn melalui WA dengan melakukan pelayanan secara online untuk pengajuan dokumen kependudukan langsung dari smartphone pemohon melalui media sosial Whatsapp yang diharapkan dapat membantu mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

    Asisten Pemerintahan pun menyambut baik dengan hadirnya Kepala Disdukcapil Provinsi Jawa Barat terkait evaluasi dan monitoring dokumen kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Bandung karena dapat memberikan informasi dan evaluasi terhadap peningkatan pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Bandung, yang mana diketahui dokumen kependudukan memang memiliki peran dan arti yang sangat penting dalam pembangunan. Dengan hal tersebut, Disdukcapil diharapkan dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat meskipun dalam masa pandemi saat ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.   

    Dengan hal tersebut, H. Dani Ramdan berharap dengan dilaksanakannya monitoring dan evaluasi dari Disdukcapil Provinsi Jawa Barat dapat mendorong, memotivasi dan memfasilitasi Disdukcapil Kabupaten Bandung dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan beberapa hal diantaranya pelayanan cepat, tidak adanya pungli dan mengembangkan layanan digitalisasi/ modern. Disamping itu, beliau juga mengapresiasi dengan pelayanan yang telah diberikan Disdukcapil Kabupaten Bandung kepada masyarakat.

  • 13 Jul